Alat Yang Wajib Dibawa Untuk Mendaki Gunung Di Indonesia

 

Mendaki gunung merupakan aktifitaswisata sekaligus olahraga yang cukup beresiko.

 Dengan medan yang curam dan cuaca yang ekstrem  di gunung, tentunya banyak hal yang harus disiapkan. Salah satunya mempersiapkan peralatan mendaki gunung.

Nah, beberapa alat pun wajib dibawa, jika kamu ingin melakukan pendakian gunung yang ada di indonesia. apa  saja????

1. CARIER


Untuk membawa dan menampung barang bawaan ketika melakukan pendakian gunung,jangan memakai ransel biasa  ya. Gunakan ransel khususs atau yang biasa disebut carier.
carier juga memiliki ukuran yang berbeda beda.saat membeli pastikan ukurannya sesuai dengan ukuran tubuh dan gaya mendakimu.

2.SEPATU GUNUNG DAN GAITER


Medan digunung dan di perkotaan tentunya sangatlah berbeda. maka dari itu ketika sedang berada di gunung kita mengharuskan memakai sepatusus khu gunung.

adapun fungsi gaiter yaitu untuk melindungi masuknya debu dan kerikil masuk ke sela sela sepatu agar kaki kita terasa nyaman saat di dalam perjalanan.


3.TENDA



Untuk bermalam digunung, tentunya kamu membutuhkan tenda sebagai pengganti atap rumah.
pastikan kamu membawa tenda yang kuat, tahan air, dan angin.
tenda yang kuat biasanya terdiri dari dua lapisan atau biasa disebut dengan double layer.
lapisan pertama adalah fondasi tenda dan yang kedua adalah lapisan yang kuat menahan rintangan dari luar.

4.MATRAS DAN SLEPING BAG



Matras wajib kamu bawa untuk menjadi alas di dalam tenda. tak hanya itu, sleping bag juga harus kamu bawa sebagai ganti selimut yang ringan dan praktis.


5.KOMPOR PORTABLE DAN COOKING SET



Untuk memasak digunung, gunakanlah kompor alat masak beserta alat makannya yang dibuat khusus untuk mendaki gunung. ukurannya tentu kecil dan tidak memakan tempat di carier.


6.TREKKING POLE



Salah satu barang yang tidak boleh kamu tinggalkan selanjutnya adalah trekking pole atau tongkat. jika tidak membawa alat ini kamu mungkin akan sedikit kesusahan untu menyeimbangkan tubuh saat mendaki gunung apalagi disisi pendakiannya tidak ada peganggan.

7.JAKET DAN PAKAIAN GUNUNG



Ketika mendaki gunung, jangan asal memakai pakaian . pakailah pakaian yang sesuai dengan kebutuhann cuaca digunung, seperti baju,celana  dan jaket gunung. pakain mendaki gunung biasanya tidak ketat ringan  hangat dan yang pasti cepat kering.

8.SENTER/ ALAT PENERANG



Ketikaa malam hari datang tentunya tidak ada penerang sama sekali di gunung. maka jangan lupa untuk membawa alat penerang seperti lamp tenda,senter dan headlamp.

9.P3K


Saat mendaki gunung bawalah kotak medis atau p3k umum  untuk mengobati luka luka yang tak terduga . dan jangan llupa masukan obat pribadi kalo kamu memiliki gejala penyaakit yang bisa datang secara tidak sengaja.

10.SURVIVSL KIT


Bawalah survival kit atau alat bertahan  hidup yang ringan dan cukup penting.
seperti pisau, korek api,peluit,kompas,dan lainnya alat ini akan berguna dalam keadaan normal maupun terburuk sekalipun.


11.JAS HUJAN 



terakhir jas hujan tentunya  kamu wajib bembawanya ketika musim hujan tiba . kamu bisa memilih model jas hujan kesukaan kamu, asalkan kamu nyamansaat menggunakan saat mendaki gunung,itu bukannlah masalah.

itulah beberapa alah mendaki gunung yang tidak boleh ditinggalkan.  dengan semua alat di atas kamu sudah memenuhi standar pendakian di gunung gunung di indonesia, seperti gunung.....
apakah kamu sudah siap melakukan perjalanan mendaki gunung???


nah bagi kamu yang mau naik gunung tapi tidak mau membawa barang barang perlengkapan pendakian dan ga mau ribet dengan kebutuhan mendaki gunung.percayakan semua kebutuhan mendakimu bersama kami.kami menyediakan paket naik gunung,jasa porter dan guide
silahkan hubungi kami 
KHADIK

temukan petualangan terbaikmu bersama kami.

     PAKET GUNUNG MERBABU


0 Komentar